Minggu, 24 November 2019

Cara membuat Power Point INDONESIA

Assalamualaikum Wr. Wb kali ini saya akan membuat Tutorial Pembuatan Power Point yang bagus/menarik. Tetapi saya akan menjelaskan sedikit tentang Microsoft Powerpoint. Selamat membaca heheheeeee............

Apa sih itu Microsoft Powerpoint dan apa Kegunannya?


Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.
Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.
Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

Kegunaan Powerpoint tak hanya berkutat dalam proses pembuatan presentasi saja, tapi juga mempermudah proses pengaturan dan pencetakan slide presentasi, membuat bahan presentasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Selain kemampuan dalam menyampaikan materi, desain presentasi menjadi faktor penting apakah presentasi kamu nanti bakal disukai atau tidak oleh audience.

Cara Membuat Power Point yang Menarik
Hasil gambar untuk gambar seorang menjelaskan power point

Nah, agar presentasi yang akan dibuat bisa sesuai kriteria yang sudah dijelaskan, maka Anda harus membuat prensentasi yang tidak membosankan dan menarik perhatian pemirsa Anda. Untuk detailnya, berikut dijelaskan hal-hal terkait cara membuat Power Point yang menarik dan bagus.




1.Masuk Power Point

Buka PowerPoint. Klik atau klik dua kali ikon aplikasi PowerPoint yang tampak seperti kotak berwarna oranye dengan huruf “P” berwarna putih. Setelah itu, halaman templat PowerPoint akan ditampilkan.


2.Memilih Template



Tinjau pilihan templat yang tersedia. Telusuri halaman hingga Anda menemukan templat yang diinginkan.
Templat-templat tersebut mencakup aspek-aspek seperti skema warna yang dapat dimodifikasi, font, dan tampilan umum.

3. Memilih Tema
Pilih tema jika memungkinkan. Banyak templat yang menawarkan beragam skema warna atau tema berbeda yang ditandai oleh kotak-kotak berwarna di pojok kanan bawah jendela. Klik salah satu kotak tersebut untuk mengubah skema warna dan/atau tema templat. Lalu Klik Create. Tombol ini berada di pojok kanan bawah jendela. Setelah itu, templat akan terpilih dan berkas presentasi PowerPoint akan dibuat.
4.Membuat Halaman Judul
Tambahkan judul. Klik kotak teks besar yang berada di tengah halaman pertama, kemudian  ketikkan judul presentasi. Tambahkan subjudul. Klik kotak teks yang lebih kecil di bawah kotak judul, kemudian tikkan subjudul yang ingin digunakan.

5. Menambahkan transisi
Untuk menambahkan transisi antar slide pilihlah menu transitions dan pilihlah sesuai keinginan.

6. Memberi Shapes,SmartArt,dan Chart.
      
     Untuk menambahkan Shapes, membuat SmartArt,Chart  dapat dipilih melaui menu di atas lalu pilih sesuai keinginan.

7. Menambahkan Tabel
Menambahkan table pilih menu insert lalu pilih table dan pilihlah table sesuai kebutuhan.

8. Menambahkan Foto
Untuk menambahkan foto pilih insert lalu pilih picture kemudian pilih foto yang akan dimasukkan ke Power Point.

9. Menambahkan Slide
Untuk menambahkan slide silakan ke menu insert lalu pilih New Slide.

10. Tinjau presentasi PowerPoint yang baru dibuat.


11. Lalu Klik tab Slide Show. Tab ini berada di bagian atas jendela. Setelah itu, bilah alat “Slide Show” akan ditampilkan.
· 



12. Buka setiap halaman pada salindia. Anda bisa menggunakan tombol panah kiri dan kanan untuk kembali atau maju ke halaman berikutnya pada presentasi. Jika Anda perlu keluar dari mode salindia, tekan tombol Esc.


13. Simpan presentasi PowerPoint. Presentasi akan disimpan sebagai berkas yang bisa dibuka di komputer Windows atau Mac yang memiliki program PowerPoint:
  • Windows – Klik menu “File”, pilih “Save”, klik dua kali “This PC”, pilih lokasi penyimpanan berkas, masukkan nama presentasi, dan klik “Save”.
  • Mac – Klik menu “File”, pilih “Save As...”, masukkan nama presentasi pada kolom "Save As", pilih lokasi penyimpanan dengan mengeklik kotak "Where" dan memilih folder yang diinginkan, dan klik “Save”.






















Untuk melihat contoh Power Point dapat di download melaui link dibawah ini


Semoga Bermanfaat J 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar